Liburan Ke NTT? Jangan Lupa Kunjungi 10 Tempat Wisata Ende Berikut Ini

Katasaya.net, Tempat Wisata — Ende menjadi sebuah kabupaten istimewa dengan adanya 10 tempat wisata Ende yang luar biasa ini.

Ende merupakan sebuah Kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur yang eksotis. Kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari daerah ini.

Nah, untuk mengetahui apa saja tempat wisata Ende tersebut, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

10 Tempat Wisata Ende dengan Pemandangan Eksotis

Inilah beberapa tempat wisata Kabupaten Ende yang menarik untuk kamu kunjungi antara lain sebagai berikut:

1. Pantai Batu Biru

Pantai Batu Biru Ende
Pantai Batu Biru Ende

Wisata pantai di daerah Ende memang menjadi pantai yang banyak diminati oleh wisatawan, salah satunya adalah Pantai Biru.

Sesuai dengan namanya Pantai Biru memiliki batuan yang berwarna biru. Namun, juga terdapat beberapa warna batu lain seperti kotak hijau, ungu, kuning, biru, merah dan lain-lain.

Ciri khas lain yang menjadi pesona Pantai Biru adalah garis pantai yang panjang. Hamparan pasir putih juga menjadi daya tarik dari pantai ini.

2. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu Ende
Danau Kelimutu Ende

Objek wisata yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Ende adalah Danau Kelimutu. Belum lengkap rasanya jika kamu tidak berlibur ke Danau Kelimutu saat berada di sana.

Danau Kelimutu memiliki keunikan pada warna air danaunya. Terdapat tiga danau yang memiliki warna berbeda-beda, masing-masing yaitu berwarna Biru, Merah, dan Putih.

Danau ini berada pada daerah dataran tinggi sehingga memiliki udara yang sejuk.

Dengan keindahannya, kamu bisa berfoto maupun bersantai bersama keluarga dengan keindahan Danau Kelimutu.

3. Museum Tenun Ikat

Museum Tenun Ikat Ende
Museum Tenun Ikat Ende

Kabupaten Ende terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya. Kamu bisa mengenal lebih jauh mengenai warisan budaya kerajinan tenun ikat ini dengan berkunjung ke Museum Tenun Ikat.

Di sini kamu bisa melihat beberapa ragam motif tenun ikat Ende, di antaranya seperti motif gajah dan motif huruf kanji.

4. Gunung Iya

Gunung Iya Ende
Gunung Iya Ende

Jika Kamu menyukai aktivitas hiking, maka kamu bisa pergi mengunjungi Gunung Iya Ende. Gunung Iya merupakan salah satu gunung stratovolcano yang masih aktif.

Oleh sebab itu jika kamu hendak ke Gunung Iya pastikan dulu statusnya. Dari atas Gunung Iya kamu bisa melihat pemandangan luas Pulau Flores yang indah.

5. Tempat Wisata Ende, Pantai Mbu’u

Pantai Mbu'u
Pantai Mbu’u

Untuk sampai ke Pantai Mbu’u, kamu hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota menggunakan kendaraan bermotor.

Dengan berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat pemandangan berupa aktivitas pertambangan. Hal inilah yang menjadi pembeda antara Pantai Mbu’u dengan pantai lainnya.

6. Kampung Adat Jopu

Kampung Adat Jopu
Kampung Adat Jopu

Ende merupakan wilayah dari Pulau Flores yang masih kental akan budaya. Berbagai macam warisan kebudayaan dari nenek moyang masih dilestarikan di sini.

Kamu bisa mengetahui banyak tentang budaya Ende dari Kampung Adat Jopu. Dari tempat ini kamu akan mendapat penjelasannya tentang cerita adat Ende.

7. Rumah dan Taman Renungan Bung Karno

Rumah dan Taman Renungan Bung Karno
Rumah dan Taman Renungan Bung Karno

Pada tahun 1934 hingga 1938, presiden pertama RI, Bung Karno diasingkan di Ende. Beliau terasingkan ke sebuah rumah milik tokoh Ende yaitu Abdullah Amburawu.

Saat ini kamu bisa mempelajari sejarah kemerdekaan RI dari rumah pengasingan Bung karno yang sekarang terkenal sebagai Rumah dan Taman Renungan Bung Karno.

8. Pantai Ria, Tempat Wisata Ende

Pantai Ria Ende
Pantai Ria Ende

Masih tentang keindahan Pantai Ende. Kamu bisa mengunjungi Pantai Ria untuk melihat pemandangan sunset dari Pulau Flores.

Hamparan pasir putih dan birunya air laut juga membuat Pantai Ria menjadi destinasi wisata yang indah.

Kamu juga bisa menikmati hidangan lezat darii Pantai Ria seperti Ikan Bakar dan Kelapa Muda yang menyegarkan.

9. Kampung Adat Wolotopo

Kampung Adat Wolotopo
Kampung Adat Wolotopo

Wisata Kampung Adat lainnya dari Kabupaten Ende adalah Kampung Adat Wolotopo. Dari tempat ini kamu bisa melihat rumah adat Ende yang masih orisinil.

Rumah adat di sini dibangun dengan bebatuan yang disusun kokoh. Kamu juga bisa melihat aktifitas suku Lio yang sedang menenun Tenun Ikat Ende.

10. Pasar Tradisional Ende, Tempat Wisata Ende

Pasar Tradisional Ende
Pasar Tradisional Ende

Setelah puas berwisata alam dan tempat wisata Ende, maka kamu juga perlu mengunjungi wisata belanja yaitu Pasar Tradisional Ende.

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Ende dari pasar ini, seperti kain Tenun Ende dengan berbagai motif. Kamu bisa melakukan aktivitas tawar menawar tentunya.

Akhir Kata

Ende dengan sejuta pesonanya mampu membuat para wisatawan puas berwisata ke sini. 10 tempat wisata Ende bisa membantu para wisatawan menentukan lokasi tujuan ketika berlibur ke Ende.

Berwisata ke wilayah Timur Indonesia tentu sangat menyenangkan dan menambah wawasan kamu akan Nusantara.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Selamat Berlibur!

Baca Juga:

Tinggalkan komentar